• Program Baru W3function

    Online Courses

    Premium tutorial pembelajaran tahap pembuatan website secara menyeluruh mulai dari desain grafis, desain web, pengembangan, publikasi website di internet sampai dengan tekhnik SEO

    Materi: Photoshop, HTML5, CSS3, jQuery, PHP, MySQL, Semantic template, Responsif desain

    Mendaftar
  • Paket Toko Online

    W3function Store ®

    Solusi paket website toko online murah dan berkualitas dengan fitur yang lengkap beserta tema design yang banyak dan menarik

    Selengkapnya
  • Desain dan Pengembangan Web

    Custom Project

    Kami mengerti jenis bisnis Anda berbeda dengan yang lain sehingga Anda membutuhkan website yang benar-benar mencitrakan bisnis anda. Apapun jenis website yang ingin Anda buat kami akan membuatnya bekerja untuk Anda

    Selengkapnya

Bagaimana Cara Melakukan Optimisasi Website Pada Mesin Pencari (SEO)

30‘13
April

info88.jpg

Optimisasi mesin pencari atau yang lebih dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Template HTML5 semantic

Di internet masih sedikit website perusahaan maupun personal yang menggunakan template HTML5 semantic padahal penggunaan template semantic sangat berdampak besar terhadap teknik optimisasi website pada mesin pencarian (SEO).

Standarisasi website berkiblat pada W3C, kebijakan perubahan standarisasi website W3C tentu akan diikuti oleh perubahan alogaritma mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya. Content website yang tidak mengikuti standard akan sulit sekali di crawl oleh robot mesin pencari dan akhirnya bisa berada di halaman belakang pencarian

Meta Tag SEO

Selain template semantic hal lain yang harus dilakukan dalam optimisasi website pada mesin pencari adalah dengan menambahkan tag <meta> untuk keyword, description, dan robot didalam tag <head>

<!DOCTYPE html>
<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml">
<head>
<meta charset="utf-8" />
<meta name="keywords" content="Keyword website di pisahkan dengan koma" />
<meta name="description" content="deskripsi halaman website" />
<meta name="robots" content="index,follow" />
<title>Blog | W3function.com</title>
</head>

<meta name="keywords" content="HTML, CSS, XML, XHTML, JavaScript"> digunakan untuk menentukan kata-kata yang bisa dicari di mesin pencarian dipisahkan dengan koma

<meta name="description" content="Pembahasan trend website dan tutorial-tutorial pembuatan website" /> digunakan untuk menentukan deskripsi singkat tentang halaman website

<meta name="robots" content="index,follow" /> digunakan menentukan apa yang harus dilakukan robot mesin pencarian saat mengakses halaman website, "index,follow" berarti memperbolehkan robot untuk melakukan analisa halaman website untuk disimpan di database mesin pencarian dan mengikuti setiap link yang ada pada website. "noindex,nofollow" berarti kita melarang robot untuk melakukan analisa halaman website untuk disimpan di database mesin pencarian dan mengikuti setiap link yang ada pada website.

<title> digunakan untuk menentukan judul halaman website

Semua tag yang saya jelaskan diatas adalah tag yang berpengaruh terhadap alogaritma mesin pencari, setiap halaman website harus memiliki judul halaman, keyword, dan deskripsi yang berbeda.

Membuat Sitemap

Sitemap adalah sebuah cara untuk memberitahu mesin pencari tentang halaman di website yang mungkin sebelumnya tidak ditemukan robot pencari. Sitemap secara sederhana merupakan sebuah peta website yang di buat dengan dokumen XML dan akan sangat membantu jika:

  • Website Anda memiliki konten dinamis.
  • Website Anda memiliki halaman yang tidak mudah ditemukan oleh Googlebot selama proses penjelajahan-misalnya, halaman yang menampilkan AJAX atau gambar.
  • Website Anda memiliki sebuah arsip halaman yang besar sehingga tidak terhubung dengan baik satu sama lain.(Googlebot menjelajahi web dengan mengikuti link dari satu halaman ke halaman lainnya, jadi jika situs Anda tidak terhubung dengan baik, mungkin akan sulit bagi ditemukan.)

Sebelum membuat sitemap anda harus terlebih dahulu mengetahui tentang XML. XML dan HTML diciptakan dengan tujuan yang berbeda, XML dirancang untuk transportasi dan penyimpanan data dengan focus seperti apakah data. Sedangkan HTML dirancang untuk menampilkan data dengan fokus seperti apa data ditampilkan

Tag XML untuk protocol mesin pencari distandarisasi oleh sitemaps.org, dapat anda lihat dibawah

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>    
<urlset xmlns="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9">    
    <url>    
        <loc>http://www.example.com/</loc>    
        <lastmod>2005-01-01</lastmod>    
        <changefreq>monthly</changefreq>    
        <priority>0.8</priority>
    </url>    
</urlset> 
Attribute Description
<urlset> wajib disertakan

Merangkum file dan referensi standar protokol saat ini

<url> wajib disertakan

Tag induk (parent) untuk setiap entri URL. .

<loc> wajib disertakan

URL halaman. URL ini harus dimulai dengan protokol (seperti http).Nilai <loc> harus kurang dari 2.048 karakter.

<lastmod> opsional

Tanggal modifikasi terakhir file. Tanggal ini harus dalam format Datetime W3C 

<changefreq> opsional

Seberapa sering halaman kemungkinan akan berubah:

  • always
  • hourly
  • daily
  • weekly
  • monthly
  • yearly
  • never
<priority> opsional

Prioritas URL ini relatif terhadap URL lain di situs Anda. Nilai valid berkisar 0,0-1,0. Nilai ini tidak mempengaruhi bagaimana halaman Anda dibandingkan dengan halaman di situs lainnya hanya memungkinkan mesin pencari tahu halaman mana yang Anda anggap paling penting bagi crawler.

Prioritas default halaman adalah 0,5.

Harap diperhatikan bahwa prioritas yang Anda tetapkan untuk halaman tidak mungkin untuk mempengaruhi posisi URL Anda di halaman hasil mesin pencari. Search engine dapat menggunakan informasi ini ketika memilih antara URL di situs yang sama, sehingga Anda dapat menggunakan tag ini untuk meningkatkan kemungkinan bahwa halaman Anda yang paling penting yang hadir dalam indeks pencarian.

Mendaftarkan Sitemap

Selanjutnya tentu saja mendaftarkan sitemap yang telah Anda buat kepada mesin pencari

Isu-isu SEO tahun 2013 yang harus diperhatikan

Semakin tahun mesin pencari seperti Google semakin cerdas da dapat mengetahui seperti apa bentuk website dan kualitas website Anda. Isu seperti page rank yang di tahun-tahun sebelumnya berpengaruh besar terhadap website Anda di halaman pencarian sekarang sudah tidak relevan lagi. Google sudah mendowngrade penilaian page rank sebagai teknik SEO yang penting

Yang harus anda lakukan sekarang adalah relevansi isi website dengan judul halaman website dan berhenti melakukan spamming untuk menambah trafik.

Anda juga mungkin suka dengan artikel ini :

  1. Google Adsense for Content support Website Berbahasa Indonesia dengan Beberapa tambahan Produk Adsense lainnya (Mobile, Domain, Video, Games)
  2. Apakah Google Adsense Itu?!
  3. Google Analytics dan Alternatif Pilihan Layanan Website Analytics Lainnya
  4. Kontributor Artikel Baru di W3Function Perkenalkan DCYTBStudio
  5. Imageshack Tempat Hosting Images Gratis yang Payah

Komentar

  • Komodo mega tours (20 Mar 2015 02:09:52)

    Saya baru memahami benar cara menempatkan sitemap. Saya sudah bisa membedakan pengertian xml dan html yang selama ini saya bingung. Terimakasih atas postingan yang bermanfaat bagi kami pemula yang ingin belajar tentang website agar mampu masuk ke search engine yang benar.
    Semoga Tuhan memberkati semua usaha anda dan diberi kesehatan jasmani dan rohani bagi keluarga.
    Salam dari tim www.komodomegatours.com
    Best all

  • dutafirza (26 Nov 2014 11:23:29)

    Duta Firza Exclusive Distributor of Ashcroft and Yamari Products

  • jasa pembuatan website (25 Jul 2013 09:21:31)

    bedanya html5 sma html biasa apa gan?

Kode?

Telusuri dan Beritahu saya apabila ada komentar baru.

loading

Usulan Kontribusi dan Saran

Kami sangat terbuka dengan berbagai saran dan kontribusi positif dari Anda. Kami ingin membuat halaman blog di w3function.com ini terbuka untuk banyak penulis, sehingga kita bisa bersama-sama mendiskusikan banyak topik yang lebih luas dan lebih menarik lagi. Apabila Anda memiliki artikel yang ingin Anda kontribusikan untuk w3function.com mohon email kami.

Pemberitahuan Disclaimer © Copyright

Semua isi termasuk di dalamnya semua artikel dan gambar adalah hak cipta w3function.com, kecuali ada statement khusus yang di cantumkan (kontributor). Mohon tidak menyalin isi atau mempublikasikan kembali tanpa seizin w3function.com dan atau kontributor artikel lain

Semua sumber download dari w3function.com adalah untuk tujuan edukasi semata, bukan untuk tujuan komersial atau lainnya kecuali ada statement khusus yang di cantumkan.

Social Stuff